Rabu, 16 Oktober 2013

liputan reportase soto Hj. Mamat


   Saya ALIF seorang mahasiswa universitas gunadarma mendapatakn tugas softskill untuk membuat liputan reportase terhadap kegiatan kuliner yang pernah saya datangi, tugas tersebut nantinya menjadi pelatihan mental diri saya sendiri untuk mengulas informasi dari masyarakat

Suasana

            Resto Soto Hj Mamat berlokasi di ruko perumahan Gading Serpong, deretan rukonya sederetan dengan Bakmi Medan Aek. Karena berbentuk ruko, ukuran restonya tidak terlalu besar, tapi selalu penuh oleh pengunjung. Demikian juga pas saya memasuki resto ini, untunglah masih kebagian meja. Ohya, sekedar info sebenarnya Soto Hj Mamat asli itu ada di BSD, yang di Gading Serpong ini adalah salah satu cabangnya. Tapi soal rasa makanan katanya sih sama aja.. Interior resto yang didominasi warna hijau segar cukup menyegarkan mata sebelum menikmati makanan.
Photo of Soto Betawi H. Mamat in Serpong Jakarta
Pelayanan

                 Pelayanan di Soto Hj Mamat terbilang cepat dan cekatan. Mungkin karena terbiasa melayani pengunjung yang selalu rame jadi sudah terlatih. Setelah duduk, pelayan akan langsung menghampiri dan mencatat menu pesanan yang kita order. Dan biasanya ga nyampe 5 menit kemudian, menunya sudah siap dan dianter ke meja kita. Cuma soal kebersihan meja kadang kurang diperhatikan, sebelum makan jadi harus bersihkan dengan tisu dahulu. Karena menunya cuma soto dan oseng daging doang jadi biasanya pengunjung sih ga minta menu book segala. Kecuali yang awam kaya saya, jadi saya tanyakan menunya apa saja ya??

Makanan
Pilihan menu di Hj Mamat ini mungkin tidak terlalu variatif. Menunya hanya berkisar soto betawi dan oseng daging. Untuk soto betawinya tersedia dalam kuah bening dan kuah santan.





Makanan : Soto Betawi
Harga : Rp 18.000
Soto Daging Kuah Santan - Soto Betawi H. Mamat in Serpong Jakarta
http://static4.id.orstatic.com/Images/icon/icon_handgood.gif?71382E64   Soto Daging Kuah Santan
                Seporsi soto betawi ini porsinya semangkok standar. Saat dihidangkan tidak terliat cukup istimewa sampe menu ini popular sekali. Saya juga memesan nasi putih untuk pelengkap makan soto betawi. Soto betawi ini isinya terdiri dari potongan2 daging sapi, tomat, kentang dan taburan bawang goreng dan emping. Saya memesan soto betawi kuah santan dengan isian daging sapi. As information, kuah santannya jauh lebih enak ketimbang kuah beningnya. Rasa kuahnya memang berbeda, gurih dan sedap. Warna kuahnya mirip gulai versi ga kentalnya, warnanya kuning agak kemerahan. Dagingnya cukup banyak, tiap menyendokpastikebagiandagingsapinya.

Makanan:OsengDaging
Harga : Rp 18.000
Oseng Daging - Soto Betawi H. Mamat in Serpong Jakarta
http://static4.id.orstatic.com/Images/icon/icon_handgood.gif?71382E64   Oseng Daging
Selain soto betawi, menu oseng daging ini juga merupakan salah satu menu favorit di soto Hj Mamat. Seporsi oseng daging ini disajikan terpisah dari kuahnya. Oseng daging ini adalah potongan2 daging sapi yang dioseng dengan potongan cabe rawit dan bawang. Lalu kuahnya bisa pesen santan atau bening. Tapi direkomendasikan sih kuah santannya. Rasanya lebih gurih dan tasty. Oseng dagingnya pun ga kalah lezat, dagingnya empuk dan harum karena dioseng dengan bawang. Jika ingin sedkit pedas coba dimakan dengan irisan cabe rawitnya. Btw pernah beli take away oseng dagingnya dikasih dikit banget. Kalo makan ditempat dikasih cukup banyak daging osengnya.

Berikut hasil wawancara saya kepada haji mamat :

images (4).jpg

Penanya           : sejak kapan bpk hj mamat membuka usaha ini?
Hj. Mamat       : saya membuka usaha soto ini sejak tahun 2002, dulunya saya hanya berjualan dengan menggunakan gerobak, disitu saya merasakan usaha saya jatuh bangun, namun dengan niat dan usaha yang keras saya coba bangkit.
Penanya           : pengalaman apa yang bapak dapatkan dari berjualan dengan gerobak sampai bisa berjualan menetap seperti ini?
Hj.mamat        : saya mengerti bahwa kehidupan itu sangat berharga, takdir idak akan berubah kecuali kita sendiri yaang merubahnya, pesan saya “ tidak ada satupun keinginan yang tidak tercapai selagi kita berusaha..
Penanya           : kira – kira akan ada kenaikan harga soto untuk kedepannya “sambil tertawa”
Hj. Mamat       : insyallah kita akan tetap stabilkan harga dengan bahan – bahan yang ada di     pasaran.
Penanya           : baik terima kasih pak hj. Atas waktu dan ketersediannya, semoga usaha bapak ini lancar, sukses dan dimudahkan jalannya.
Hj. Mamat       : amiiinnn, terima kasih “sambil tersenyum” mari silakan mencoba soto saya, saya akan berikan gratis “sambil tersenyum”

Penanya           :terimakasih_pakHj.Mamat.


Rating_for_SotoMamat

Makanan :8/10
Suasana :7/10
Harga :10/10
Pelayanan : 9/10


Kesimpulanya, walaupun keliatan so simple dan biasa aja, entah kenapa rasa soto betawi Hj Mamat ini ngangenin, setelah makan sekali saya jadi ketagihan untuk mampir dan mampir lagi.. Recommended..

0 komentar: