Selasa, 02 April 2013

ruang lingkup ekonomi


Ilmu ekonomi merupakan cabang ilmu sosial yang mempelajari berbagai perilaku pelaku ekonomi terhadap keputusan-keputusan ekonomi yang dibuat. Ilmu ini diperlukan sebagai kerangka berpikir untuk dapat melakukan pilihan terhadap berbagai sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas.

Lingkup Ilmu Ekonomi

a. Microeconomics adalah bagian dari ilmu ekonomi yang membahas perilaku individu dalam membuat keputusan penggunaan berbagai unit ekonomi. Di sini ada perusahaan dan rumah tangga.

b. Macroeconomics adalah bagian dari ilmu ekonomi yang menjelaskan perilaku ekonomi secara keseluruhan (economic aggregates)— akan terkait dengan income, output, employment, dan lain-lain—dalam kerangka atau skala nasional.

Macam-macam Sumber Daya
Terdapat tiga sumber daya dimana fungsinya sebagai alat pemenuh kebutuhan manusia antara lain:
1. Sumber Daya Alam
Sumber daya alam disediakan cuma-Cuma oleh alam disekitar lingkungan kita. Sumber daya alam itu dimanfaatkan guna meningkatkan kesejahteraan manusia dan memiliki jumlah yang sangat banyak akan tetapi juga terbatas. Contoh dari sumber daya alam:

a. Tanah, tanah bisa digunakan untuk berbagai keperluan.
Tanah bisa digunakan untuk lahan pertanian, perkebunan,tempat menggembelakan ternak. Selain itu tanah digunakan sebagai tempat tinggal kita, tempat untuk mendirikan pabrik dan bangunan lainnya. Tanah juga diperlukan untuk membangun prasarana transportasi seperti jalan dan jembatan.

b. Barang tambang
Barang tambang yaitu kekayaan yang terdapat di bumi seperti emas, perak, timah, tembaga dll.
c. Air (laut, sungai, danau)
Air sangat diperlukan oleh semua makhluk hidup. Seperti contoh air dilaut dimana merupakan tempat tinggal bagi ikan dan satwa yang lain.

d. Hutan dan isinya
Hutan memiliki peranan penting tehadap kelestarian lingkungan hidup manusia. Oleh karena itu, kelestarian hutan harus senantiasa dijaga.

e. Udara dan sinar matahari
Udara dan sinar matahari memiliki arti yang sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup. Udara selalu dibutuhkan makhluk hidup utnuk bernapas dan sebagainya. Sinar matahari juga bisa menghasilkan tenaga surya yang dapat menggantikan listrik dan minyak bumi.

2. Sumber Daya Manusia

Untuk memanfaatkan dan mengolah sumber daya alam diperlukannya sumber daya yang kedua yaitu manusia. Sumber daya alam yang kaya tidak akan ada artinya bila tidak ada sumber daya manusia yang mampu mengolah sumber daya alam tersebut. Sebagai contoh: para petani memanfaatkan kesuburan tanah untuk menghasilkan produk-produk pertanian. Para ahligeologi dan pekerja tambang menggali dan mengolah bahan-bahan tambang dan mineral. Nelayan mengaruni lautan untuk mencari ikan. Ahli meteorologi diperlukan antara lainuntuk menganalisis perkembangan cuaca.
3. Sumber daya Modal atau Capital
Terkadang sumber daya manusia saja tidak cukup untuk memanfaatkan dan mengeksploitasi sumber daya alam. Maka dari itu diperlukan sumber daya modal atau kapital yang diperlukan agar manusia bisa menghasilkan berbagai macam barang dan jasa dengan cepat dan efisien. Sebagai contoh; untuk membuat kain diperlukan mesin pemintal. Dengan mesin pemintal, kain dapat diproduksi dengan cepat dan dalam jumlah yang banyak.
Dari berbagai uraian diatas dapat disimpulkan bahwa kebutuhan manusia sangat banyak dan beragam. Sementara sumber daya untuk memenuhi berbagai kebutuhan manusia, yaitu sumber daya alam, manusia dan modal.

Wirausahawan (entrepreneur) adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.
Pengertian Wirausahawan menciptakan sebuah bisnis baru dalam menghadapi risiko dan ketidakpastian untuk tujuan mencapai keuntungan dan pertumbuhan dengan mengidentifikasi peluang signifikan dan sumber daya yang diperlukan.
Kamus Besar Bahasa Indonesi (KBBI) mendefinisikan wirausahawan sebagai "orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menyusun cara baru dalam berproduksi, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, mengatur permodalan operasinya, serta memasarkannya.
Sedangkan, Louis Jacques Filion menggambarkan wirausahawan sebagai orang yang imajinatif, yang ditandai dengan kemampuannya dalam menetapkan sasaran serta dapat mencapai sasaran-sasaran itu. Ia juga memiliki kesadaran tinggi untuk menemukan peluang-peluang dan membuat keputusan.
Persamaannya dari pengertian - pengertian tersebut yaitu wirausahawan memiliki dan mampu berpikir kreatif-imajinatif, melihat peluang dan membuat bisnis baru.
Seorang wirausahawan adalah seorang manajer, tetapi melakukan kegiatan tambahan yang tidak dilakukan semua manajer. Manajer bekerja dalam hierarki manajemen yang lebih formal, dengan kewenangan dan tanggung jawab yang didefinisikan secara jelas sedangkan pengusaha menggunakan jaringan daripada dari kewenangan formal.

Ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dankonsumsi terhadap barang dan jasa. Istilah “ekonomi” sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu οἶκος (oikos) yang berarti “keluarga, rumah tangga” dan νόμος (nomos) yang berarti “peraturan, aturan, hukum”. Secara garis besar, ekonomi diartikan sebagai “aturan rumah tangga” atau “manajemen rumah tangga.” Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja.

0 komentar: